Wabah pandemik Covid-19 telah membuat aktivitas seluruh dunia untuk berhenti total. Penerapan Lockdown atau di Indonesia dengan "PSBB" telah mempengaruhi fungsi sehari-hari untuk para pemain bisnis, khususnya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).
Meskipun pemerintah telah memberikan beberapa bantuan dan keringanan untuk bisnis, namun pemilik bisnis yang terpukul akibat pandemik ini masih harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan kelangsungan bisnis mereka.
Terlepas dari situasi yang suram ini, bisnis masih dapat mempertahankan pelanggan mereka dan menghasilkan penjualan dengan menggunakan alat-alat online yang tepat. Di dalam ini, kami telah mendaftarkan 12 aplikasi online penting untuk usaha kecil yang tidak hanya akan menjamin keterjangkauan tetapi sangat efisien untuk membantu bisnis yang rentan untuk bertahan dari krisis keuangan yang disebabkan oleh wabah ini.
1. Hexnode MDM
Hexnode MDM, perangkat aplikasi lunak manajemen perangkat seluler (MDM) menyediakan kemudahan bagi bisnis untuk mengatur dan mengelola perangkat seluler dengan aman yang digunakan oleh karyawan mereka. Sebuah solusi MDM kuat seperti Hexnode dapat melindungi semua aset berharga organisasi dan menyediakan kepada pengguna akses aman untuk mengambil data-data dari organisasi.
MDM selanjutnya memberikan bantuan kepada tim TI untuk mendaftarkan seluruh armada perangkat secara massal dan membuatnya siap untuk pengguna sekaligus. Melalui MDM , tim TI Anda dapat dengan mudah mendorong aplikasi dan konfigurasi yang relevan ke perangkat yang ditargetkan.
Selain menyediakan pendaftaran yang mudah, mode kios Hexnode MDM dapat membantu meningkatkan efisiensi pekerja Anda dengan mengunci perangkat dengan aplikasi yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan memanfaatkan fitur manajemen akses jarak jauh, admin TI Anda juga dapat memonitor perangkat secara real-time dan memberikan bantuan cepat kepada pengguna yang menghadapi masalah dalam menggunakan perangkat atau aplikasi.
Hexnode MDM dengan kelimpahan fitur menawarkan solusi sempurna untuk usaha kecil demi mempertahankan lingkungan kerja yang produktif dan aman bagi karyawan mereka.
Fitur:
Pendaftaran aplikasi, media, dan konten yang aman untuk pengguna akhir
Pemantauan Kesehatan Perangkat
Manajemen Konfigurasi Perangkat
2. ClickUp
ClickUp adalah alat aplikasi manajemen tugas yang dirancang untuk membantu karyawan bekerja lebih cerdas dengan meningkatkan produktivitas mereka. Solusi ini menawarkan berbagai alat kolaborasi dengan pengeditan dan sinkronisasi bersamaan. Pengguna bahkan dapat menyesuaikan alur kerja mereka sendiri tergantung pada kebutuhan proyek mereka dan mengatur tampilan yang berbeda untuk itu. ClickUp adalah alat penting untuk usaha kecil untuk secara akurat melacak penyelesaian tujuan dan waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas.
Fitur:
Memiliki akses ke beberapa alat kolaborasi
Atur alur kerja Anda dengan membuat sub tugas
Lacak waktu Anda secara efektif untuk setiap tugas
Buat dokumen dengan mudah
Kolaborasi dan obrolan tim yang mudah
File sharing
Template yang dapat disesuaikan
Lacak tonggak sejarah
Lacak pengeluaran dan waktu
Pelacakan status
Tetapkan prioritas tugas
3. Microsoft Team
Komunikasi yang efektif di tempat kerja adalah penting. Bisnis dengan alat komunikasi dan kolaborasi yang efektif di papan dapat mencapai tujuan mereka lebih cepat dan membantu meningkatkan moral anggota staf mereka dalam jangka panjang.
Microsoft Team adalah salah satu alat kolaborasi terbaik untuk melakukan pertemuan dan konferensi online. Bisnis dapat bekerja dengan alat ini untuk berbagi layar dan merekam pertemuan untuk referensi di masa mendatang. Pertemuan-pertemuan ini tidak selalu harus menjadi urusan formal, Anda dapat terhubung secara pribadi dengan teman satu tim Anda dan menjadikannya lebih menyenangkan dengan menerapkan filter-filter dan berbagi stiker gifs.
Fitur:
Ber-telpon dan kolaborasi pekerjaan Anda dari mana saja
Mudah menyelenggarakan rapat online dan konferensi web dengan tim Anda
Bantuan untuk menjadwalkan pertemuan
Buat catatan saat rapat
Bagikan layar untuk kolaborasi yang lebih mudah
Rekam pertemuan untuk referensi di masa mendatang
Pesan singkat
Mengadakan acara langsung dan presentasi dengan ribuan peserta
Jadikan rapat lebih menyenangkan melalui filter, gif, dan stiker yang dipersonalisasi
4. Zapier
Apakah Anda pernah menghabiskan waktu berjam-jam untuk suatu tugas yang Anda lebih suka otomatiskan? Untungnya ada alat yang dibuat khusus untuk menghilangkan masalah itu dari tangan Anda. Zapier adalah salah satu alat penting untuk usaha kecil yang mengelola tim yang sibuk. Tugas sederhana seperti peringatan utama dan pemicu email dapat diotomatisasi. Cukup tautkan aplikasi web yang Anda butuhkan dan alat akan secara otomatis menyampaikan informasi dan berbagi data. Zapier memiliki integrasi dengan beberapa aplikasi seperti Google sheets, Microsoft Outlook, Facebook dan Wordpress.
Fitur:
Mengotomatiskan banyak tugas dengan mudah
Integrasi dengan lebih dari 2000 aplikasi
5. Calendly
Alat penjadwalan seperti Calendly membuat seluruh proses penjadwalan sangat mudah. Dengan pengaturan sederhana, Anda dapat membiarkan alat menangani preferensi ketersediaan Anda dan mengotomatiskan proses penjadwalan tanpa harus menjalani pekerjaan yang melelahkan dalam bertukar email yang tak terhitung jumlahnya.
Segera setelah pengaturan selesai, bagikan tautan kalender melalui email. Setelah penerima memilih waktu yang tepat, jadwal janji akan ditambahkan ke kalender Anda.
Fitur:
Memiliki integrasi kalender dengan Google, Outlook, iCloud dan Office 365
Pengguna dapat memiliki kendali atas janji mereka dengan mengatur waktu buffer di antara pertemuan
Menawarkan lebih banyak fleksibilitas seperti pertemuan satu lawan satu dan pertemuan ketersediaan bersama
Deteksi zona waktu halus untuk undangan yang bergabung dari lokasi lain
Integrasi dengan aplikasi penting seperti Salesforce dan Zapier
Pengingat Pengangkatan
Penjadwalan Grup
Pemesanan Online
6. Deputy
Proses mengelola tenaga kerja Anda tidak akan merepotkan jika Anda memiliki aplikasi yang tepat untuk mengimplementasikannya. Alat manajemen staf seperti Deputy menawarkan banyak fitur di mana pengusaha dapat dengan mudah mengatur jadwal untuk karyawan mereka dan memeriksa ketersediaan tim.
Dengan secara akurat mencatat jam kerja dalam lembar waktu, manajer dapat mempromosikan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif dengan memastikan bahwa tim mereka mendapatkan istirahat yang cukup. Lembar waktu ini dapat diekspor ke daftar gaji dengan klik sederhana. Salah satu fitur utama dari Deputy adalah integrasi tanpa batas dengan Point of Sales penting dan penyedia penggajian. Ini adalah alat penting untuk usaha kecil untuk mengelola staf mereka secara efisien.
Fitur:
Memberikan wawasan waktu nyata dari kinerja bisnis
Membuat jadwal untuk karyawan di mana pembaruan terbaru dapat dibagikan melalui seluler atau web
Secara akurat mencatat waktu dan kehadiran karyawan
Mengelola tim dari jarak jauh
Tukar shift dengan mudah
Setujui dan lacak dedaunan tim Anda dengan mudah
7. Hootsuite
Platform media sosial yang berpengaruh seperti Facebook, Instagram dan Twitter menetapkan panggung yang sempurna bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka secara langsung.
Hootsuite, alat manajemen media sosial yang disukai oleh perusahaan besar dan UKM, membuat penjadwalan dan pengelolaan konten media sosial Anda jauh lebih mudah. Bisnis dapat menghasilkan laporan dan menggunakannya untuk melacak kinerja kampanye pemasaran mereka.
Fitur:
Secara otomatis menjadwalkan banyak posting di berbagai akun media sosial
Poskan dan simpan konten tim Anda yang telah disetujui sebelumnya
Buat laporan untuk mengukur kinerja terbaru dari hasil media sosial Anda
Memfilter dan memantau posting dengan mudah melalui kata kunci, tagar, dan lokasi
Integrasi dengan lebih dari 20 jejaring sosial
Tetapkan langkah-langkah keamanan yang memadai dengan menyesuaikan tingkat izin karyawan
8. Akuntansi dengan Wave
Salah satu alat akuntansi terbaik untuk UKM, Wave memungkinkan pengguna untuk mengakses data mereka dari lokasi mana pun hanya dengan login sederhana. Perangkat lunak menghapus kebutuhan untuk entri data yang memakan waktu dan menghasilkan laporan keuangan saat bepergian.
Pengguna dapat memperoleh pemberitahuan instan setiap kali faktur dilihat dan dibayar. Ini adalah alat penting bagi usaha kecil untuk menjaga keuangan mereka karena mereka dapat dengan mudah tetap teratur dengan mengatur pengingat pembayaran otomatis di akun gelombang mereka setiap kali pembayaran jatuh tempo. Alat akuntansi ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pemindaian tanda terima.
Fitur:
Buat dan kirim faktur dari lokasi mana pun
Dapatkan pemberitahuan instan setiap kali faktur dilihat, dibayar atau jatuh tempo
Siapkan pengingat pembayaran otomatis di akun wave Anda, jika terjadi pembayaran, pelanggan akan langsung mendapat pengingat melalui email
Selalu perbarui catatan keuangan dengan menandai faktur berbayar
Kartu kredit dapat ditambahkan untuk pembayaran yang lebih cepat
9. Hubspot CRM
Semua data yang Anda butuhkan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda dapat disimpan dalam platform terpusat. Hubspot CRM, adalah alat manajemen hubungan pelanggan untuk bisnis untuk melacak semua informasi penting yang mereka butuhkan dalam satu basis data.
Apa yang membuat alat ini diklik untuk banyak bisnis kecil adalah kemudahan penggunaan dan fitur wawasan yang membantu mereka membangun komunitas pelanggan yang lebih bahagia dan puas.
Fitur:
Dasbor pelaporan
Wawasan perusahaan
Pelacakan kesepakatan
Manajemen saluran pipa
Pelacakan email dan pemberitahuan
Pelacakan prospek untuk tim penjualan
Manajemen tugas
Penyimpanan dokumen
Integrasi otomatisasi pemasaran
Menjadwalkan rapat dengan mudah
Obrolan langsung
10. WordPress
WordPress adalah aplikasi manajemen konten yang ideal untuk usaha kecil untuk menciptakan kehadiran online yang kuat. Perangkat lunak kaya fitur bebas ini menyimpan desain yang indah memberikan banyak bisnis kebebasan untuk membuat situs web dan blog yang akan menargetkan audiens yang tepat.
Pengguna dapat menyesuaikan situs web mereka lebih jauh dengan menambahkan beberapa plugin seperti galeri, milis dan toko online. Dengan lebih dari 55.000 plugin, WordPress menetapkan tahapan yang tepat bagi pemilik bisnis untuk membuat konten yang luar biasa dan memperbaruinya secara berkala untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat.
Fitur:
Memiliki akses ke berbagai desain yang dapat disesuaikan
Buat konten SEO friendly untuk menaikkan peringkat situs web
Mudah mengelola media dan konten
Integrasi dengan lebih dari 55.000 plugin
Pengindeksan Dokumen dan Pencarian Teks Lengkap
Editor Gambar dan Teks
11. Canva
Alat desain grafis ini menampung banyak template profesional untuk bisnis untuk membuat cetakan, grafik, dan slide untuk presentasi. Fungsionalitas drag and drop yang sederhana menjadikan Canva alat yang penting bagi usaha kecil untuk memenuhi kebutuhan periklanan mereka dengan memiliki akses ke berbagai alat pengeditan foto dan perpustakaan media yang luas.
Fitur:
Akses ke templat yang dapat disesuaikan
Buat desain luar biasa dengan bantuan ratusan stok foto, ilustrasi, dan vektor
Unggah gambar Anda sendiri
Pilih dari ribuan ikon dan bentuk gratis
Banyak pilihan gaya font yang berbeda
Alat kolaborasi
Perpustakaan media
12. Microsoft Outlook
Outlook adalah versi Hotmail yang diberi nama baru. Alat manajemen email yang banyak digunakan ini tidak hanya menjamin kotak masuk bebas kekacauan, kalender terintegrasi membantu pengguna untuk tetap teratur dengan melacak berbagai acara yang mereka buat. Anda bahkan dapat mengatur berbagai tugas dan melihat yang telah Anda selesaikan.
Akses mudah ke Word, PowerPoint, dan Excel langsung dari dalam kotak masuk memudahkan anggota tim untuk berkolaborasi satu sama lain dan mencapai tujuan kerja tepat waktu. Ini memungkinkan privasi dengan mengenkripsi data pada kotak surat Anda setelah email dikirimkan.
Fitur:
Manajemen email yang efektif
Menjadwalkan janji, acara, dan pertemuan dengan mudah
Buat daftar tugas dan tetapkan prioritas untuk tugas-tugas yang perlu diselesaikan sekaligus
Memastikan keamanan dengan data mengenkripsi kotak surat setelah email dikirim
Mudah berkolaborasi dengan anggota tim dengan mengakses Word, PowerPoint, dan Excel dari dalam kotak masuk